Menu
0 Comments

GIICOMVEC 2020 RESMI DIBUKA HARI INI

Autojakarta, 5 Maret 2020 – Hari ini, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) secara resmi membuka pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 di Cendrawasih Hall, Jakarta Convention Center (JCC). Tahun ini, GIICOMVEC akan kembali menunjukkan komitmen GAIKINDO dalam mendorong pertumbuhan industri kendaraan komersial Indonesia.

Sebagai the best show for road and urban transportation solution, GIICOMVEC 2020 hadir untuk memenuhi kebutuhan kendaraan komersial para pelaku usaha
di berbagai sektor industri. Pameran business-to-business ini akan menghadirkan pengembangan dan pencapaian terkini industri kendaraan komersial, juga menjadi ajang bergengsi untuk peluncuran dan perkenalan unit-unit kendaraan komersial terbaru dengan inovasi termutakhir dari bermacam merek.

GIICOMVEC 2020 dibuka secara resmi oleh Menteri Perindustrian (Menperin) RI Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perhubungan yang diwakili oleh Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, dan didampingi oleh Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi serta Ketua III GAIKINDO sekaligus Ketua Penyelenggara GIICOMVEC 2020 Rizwan Alamsjah. Melalui sambutannya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, memberikan selamat dan apresiasi kepada GAIKINDO atas GIICOMVEC 2020 yang menjadi bentuk komitmennya untuk mendukung dan mendorong industri otomotif, khususnya kendaraan komersial.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang juga mengatakan bahwa kedepannya industri kendaraan komersial diharapkan kontribusinya untuk terus menyukseskan kebijakan-kebijakan pemerintah lainnya, salah satunya penerapan kebijakan memberantas truk Over Dimension Over Load (ODOL) yang akan efektif 1 Januari 2023, dalam rangka meningkatkan keselamatan di jalan raya. “Sektor-sektor industri tentu harus siap. Tidak ada lagi alasan untuk menunda kebijakan ODOL yang menurut pandangan kami juga sangat diperlukan,” ungkapnya.

Ketua GAIKINDO Yohannes Nangoi berharap GIICOMVEC 2020 akan menjadi ajang yang tepat untuk memberikan dorongan yang dibutuhkan industri kendaraan komersial pada awal tahun ini dengan kehadiran berbagai inovasi terbaru dari industri tanah air. Dalam sambutannya, Yohannes juga membahas isu yang menjadi fokus pameran GIICOMVEC tahun ini, yakni keselamatan kendaraan komersial. “Hal ini menjadi isu yang sangat penting karena bagi GAIKINDO keselamatan bukanlah pilihan, namun merupakan sebuah keharusan,” jelas Yohannes. Untuk itu, menurut Yohannes, GAIKINDO menghadirkan pameran kendaraan komersial yang berfokus pada isu keselamatan, yang dapat dilihat dari kehadiran produk-produk kendaraan komersial dan pendukung yang sesuai dengan ketentuan dan regulasi Kementerian Perhubungan RI, serta bermacam program seminar yang mengangkat isu keselamatan berkendara menggunakan kendaraan komersial.

Dalam pembukaan GIICOMVEC 2020 ini, Kementerian Perhubungan RI juga mengambil waktu untuk menginformasikan pentingnya mengutamakan keselamatan dengan melakukan Normalisasi Kendaraan Over Dimension and Over Loading (ODOL). Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi yang hadir mewakili Menteri Perhubungan RI menekankan bahwa Kementerian Perhubungan mengambil langkah serius dalam mengatasi pelanggaran ODOL, serta sepakat untuk mengawali penerapan kebijakan terkait ODOL pada awal 2023 nanti. “Kita sudah siapkan semacam blueprint dari itu semuanya dan kita harapkan pada saat raker Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan kemarin, sekaligus kegiatan GAIKINDO yang sekarang ini, kita dari pemerintah berkomitmen dan serius untuk menangani itu semua,” jelas Dirjen Perhubungan Darat mewakili Menteri Perhubungan.

Peluncuran kendaraan baru dan seminar

Sejumlah merek ternama yang menjadi peserta GIICOMVEC 2020 memamerkan kendaraan komersial terbarunya di hari pembukaan ini. Secara khusus, DFSK memperkenalkan unit kendaraan komersial terbarunya yang menyasar segmen minibus dan van. Sebagai ‘Rajanya Pikap’, Suzuki juga menghadirkan kendaraan niaga terbarunya di pameran kendaraan komersial ini, sekaligus membawa pikap unggulannya, New Carry. Kejutan spesial pun datang dari Hino, yang ikut meluncurkan produk terbarunya di hari pembukaan ini. Sedangkan dari Mitsubishi Fuso, ada varian terbaru dari Fuso Fighter, serta truk bertenaga listrik E-Canter, yang ditampilkan untuk diperkenalkan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Selain merek-merek tersebut, Mercedes-Benz pun membawa dua varian truk terbarunya dengan fitur termutakhir di GIICOMVEC 2020. Varian baru juga datang dari UD Trucks, yang tampil perdana di pameran kendaraan komersial bergengsi ini sebagai truk medium-duty yang cocok untuk kebutuhan konstruksi dan logistik.

Bekerja sama dengan Asosiasi Karoseri Indonesia (ASKARINDO), Asosiasi Logistik Indonesia (ALI), Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO), Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), dan Asosiasi Produsen Biofuels Indonesia (APROBI), GIICOMVEC 2020 memberikan benefit lebih pada
pemilik usaha melalui program-program seminar edukatif dan inspiratif. Salah satunya seminar APTRINDO dengan tema ‘Pemanfaatan Teknologi Untuk Meningkatkan Daya Saing Moda Transportasi Jalan yang Efektif dan Efisien’, yang diadakan hari ini, pukul 13.00-17.00 WIB di Cendrawasih Hall. Besok akan ada seminar dari APROBI bertajuk ‘Indonesia Biodiesel 30% Talkshow’, seminar ‘Digitalisasi Bisnis Proses = Optimalisasi Bisnis’ dari ALI, dan seminar dengan topik ‘Fakta di Balik Rem Blong’ dari TruckMagz. Jangan lewatkan juga seminar Safety Driving Truck dari Bus-Truck.id, pada 7 dan 8 Maret.

GIICOMVEC 2020 diikuti oleh puluhan merek dari industri kendaraan komersial dan pendukung. Dari industri kendaraan komersial ada Daihatsu, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, KIA, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, UD Trucks, United Tractors, dan lainnya. Sedangkan dari industri pendukung ada Alcoa Wheels, Aspira, Blackvue, BRQ, GS Astra, Himawan Putra, Incoe, Indoprima, MRF Tyres, PanaOil, Regency, Techindotama, Topy,Trubo Engineering, Wintor, dan masih banyak lagi, yang akan membawa suku cadang, aksesoris, fitur teknologi, dan perlengkapan otomotif lainnya untuk melengkapi kebutuhan kendaraan komersial pebisnis. Untuk karoseri, akan ada Adiputro.(One)

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan