Cari Mobil dengan Mesin Pencari

10 Cara agar AC Mobil tetap Sejuk

 

Autojakarta – Berkendara mobil akan terasa nyaman jika penyejuk udara (AC) bekerja sempurna. Tidak dipungkiri lagi di kota besar seperti Jakarta kalau AC ngadat atau tak dingin, keadaan pun jadi serba salah. Ketika kaca jendela dibuka, debu dan asap kendaraan akan masuk belum lagi faktor keamanan; namun jika ditutup, ruangan akan terasa panas dan pengap.

Tips ini setidaknya dapat membantu Anda dalam melakukan perawatan AC supaya tetap optimal sewaktu mendinginkan kabin mobil:

  1. Menjaga kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet yang letaknya di depan karena partikel seperti debu dapat tersedot ke dalam evaporator sehingga berpotensi menimbulkan jamur dan spora yang sudah tentu tidak baik untuk kesehatan,
  2. Sewaktu mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air bertekanan kencang pada bagian Condensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak didepan radiator) untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel; karena jika dibiarkan, kotoran ini akan mengeras dan bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga mengakibatkan bocor pada bagian kondensor.
  3. Memilih tempat parkir yang teduh sewaktu parkir kendaraan untuk waktu yang cukup lama. Suhu di dalam kabin biasanya lebih panas dari di luar, oleh karenanya AC perlu kerja ekstra keras untuk menyejukan kabin kendaraan. Hal ini menyebabkan tingginya beban pendinginan apalagi sewaktu mobil dalam keadaan bergerak.
  4. Periksalah kipas AC yang terletak di depan Condensor – apakah hidup sewaktu AC dihidupkan. Bila tidak, segera ganti karena jika dibiarkan akan mengakibatkan Compressor rusak atau selang high press berpotensi jebol.
  5. Jangan merokok di dalam mobil karena asapnya akan mengotori Evaporator dan menyebabkan bau tak sedap.
  6. Kurangi beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan cara menurunkan temperaturnya.
  7. Sebelum menghidupkan mesin, matikan AC terlebih dahulu; sesudah mesin stabil, baru hidupkan AC. Begitupun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu sewaktu ingin mematikan mesin.
  8. Jangan gunakan pengharum wewangian yang mutunya kurang bagus. Pewangi dengan kualitas buruk akan menimbulkan bau yang aneh dan susah untuk dihilangkan. Usahakan hindari menggunakan pengharum model colok ke grill atau kisi-kisi AC karena sering terjadi patah.
  9. Jika ada sesuatu yang tidak biasa seperti AC kurang dingin, lebih baik segera lakukan pengecekan di bengkel specialist ac mobil sebelum kerusakan bertambah parah.
  10. Lakukan perawatan minimal sebulan sekali dengan cara membersihkan kerak, karat, debu, dan kotoran dengan menggunakan pembersih khusus. Lakukan penggantian pada komponen AC seperti Receiver Dryer, Oil Compressor, Blower, Evaporator, serta kuras Condensor dan Freon minimal setahun sekali.

Perawatan rutin yang kami sebutkan di atas bakal memperpanjang fungsi AC dan sudah tentu akan membuat suhu udara di dalam kabin menjadi lebih sejuk.(Rico)

Post a comment